top of page

travelterus

Sampai Duit Habis

TravelTerus Logo.png

The Westin Surabaya Review

Updated: Jun 22, 2023

Halo semuanya, semoga kabar kalian baik saja ya! Kali ini balik lagi di kota Surabaya tercinta, aku mau review salah satu hotel paling mewah yang letaknya sangat dekat dengan hotel yang udah pernah aku review sebelumnya. Hotel The Westin ini merupakan hotel bintang 5 yang terletak di satu tower dengan hotel Four Points Pakuwon, yang terletak di dalam Pakuwon Mall Surabaya. Lets go!



STATUS UPGRADE

Seperti biasa, aku booking hotel ini menggunakan aplikasi Marriott Bonvoy yang bisa kalian download juga di smartphone kalian. Kebetulan kali ini karena aku sedang ingin berhemat, aku mau redeem points saja, dan untuk 1 kamar di The Westin ini untuk tipe kamar Westin Deluxe dengan 1 King Bed. Untuk harga kamar ini sendiri (yang tipe termurah) adalah Rp 2,2jt per malam sudah termasuk tax, sedangkan untuk redeem point Marriott Bonvoy, aku harus merelakan point sejumlah 16.000. Deal yang lumayan karena untuk 1 point MB ini dihargai sekitar Rp125 (menurut valuasi PinterPoin.com), sehingga totalnya menjadi Rp 2jt (hemat 200rb rupiah).

Perbandingan harga antara bayar dengan Rupiah dan dengan Point

Beberapa teman yang sudah saya konsultasi sebelumnya berkata bahwa The Westin Surabaya ini agak sedikit "pelit" soal upgrade, sehingga kemungkinan besar tidak akan dapat upgrade ke kamar tipe Suite. Ya memang kebijakan untuk dapat free upgrade kamar ini sepenuhnya tergantung dari kemurahan hati pihak hotel dan tergantung dari ketersediaan juga. Saya book kamar untuk weekdays, dengan harapan hotel akan tidak sepenuh kalau weekend, sehingga peluang mendapatkan upgrade semakin tinggi.

Harga kamar tipe Junior Suite

Dan…. Surprise! Sehari sebelum kedatangan, ketika aku cek di aplikasi MB, bookingan kamarku udah otomatis terupgrade ke Junior Suite! Senang sekali bisa merasakan kamar tipe Junior Suite secara gratis di salahsatu hotel termewah di Surabaya :) Btw harga kamar tipe Junior Suite ini kalau beli dengan rupiah adalah seharga 3 juta rupiah. Lumayan ya! Oiya perlu dicatat kalau urusan upgrade kamar ini berlaku untuk member dengan status Platinum Elite keatas ya :)

CHECK IN

Salah satu kelebihan booking hotel menggunakan aplikasi MB ini adalah kita bisa request untuk jam check-in dan check-out. Untuk kali ini aku mau check-in sedikit early yaitu jam 12 siang dan request untuk super late checkout yaitu jam 16.00. Sesudah memasukkan request di aplikasi, segera aku menuju ke lokasi.

Untuk lokasi hotel The Westin ini sama persis dengan hotel Four Points Pakuwon, sehingga layout parkir di mall Pakuwon sudah sedikit familiar. Setelah parkir, naik lift ke lantai LG yang kemudian masuk ke lobby hotel. Ternyata untuk reception nya bukan di lantai ini, jadi setelah masuk, kita naik lift lagi untuk menuju ke lantai L.

Lantai LG

Sesampainya di lantai Lobby, segera aku disambut oleh receptionist di meja. Proses check-in nya juga sangat mudah, mereka juga mengkonfirmasi bahwa kamarku dapat upgrade ke Junior Suite dan late checkout jam 4 sore. Mantap! Karena aku datang terlalu early (jam 11.15an), kamarnya belum ready, tapi karena status Platinum Elite ini aku dapat akses ke Executive Lounge untuk menunggu disana sekaligus disuguhi minuman. Executive Lounge ini terletak di lantai 39 (paling atas). Kemudian sekitar jam 12 kurang, salah satu staff di Lounge memberitahu kalau kamarku sudah ready. Segera aku beranjak dan kemudian menuju kamar. Excited!



KAMAR

Kamar yang aku dapat di lantai 37. Yang pertama kali aku notice adalah keluar dari lift terdapat air purifier dan electric perfume untuk mewangikan aisle. Memang hotel bintang 5 ini sungguh berbeda.


Segera aku masuk ke kamar dan ternyata memang ruangannya luas banget. Spesifikasi ruangannya adalah 47 meter persegi, dengan 1 King size bed. Detail dan design ruangannya sangat modern kontemporer, dan masih bagus kualitasnya. Memang hotel ini baru dibuka di tahun 2020, jadi memang masih tergolong baru ya.


Terdapat juga jendela super besar yang menghadap ke arah pool, dan hiasan lampu gantung warna merah yang sedikit unik. TV yang ada juga ukurannya besar 55 inch terintegrasi di tembok, sehingga design nya terlihat rapih.


Tak lupa juga ada free minibar yang disediakan, snack berupa Pringles dan Pocky, serta 3 soft drink di kulkas. Dan beberapa saat setelah aku masuk di kamar, ada staff yang membawakan welcome snack seperti kue dan buah. Yang membedakan welcome snack ini dari hotel yang sebelum-sebelumnya adalah pengaturan/plating dan diningware nya yang super cantik. Seperti sedang di café mahal. Snacking time dimulai!


Untuk kasurnya juga super empuk dan nyaman, ukuran King size dengan brand Westin Heavenly. Berikut juga bantalnya yang terdiri dari 2 set, satu set isi 2 bantal, satu empuk dan satu lebih firm. Bantal empuknya superrrrrrrr enak untuk tidur! Jadi pingin bawa pulang rasanya! HAHAHA

Kasur Heavenly yang memang bikin tidur kayak masuk surga

KAMAR MANDI

Lanjut kita ke kamar mandi, nah di kamar mandi ini yang menurutku sedikit tidak proprosional dengan kamarnya. Kenapa? Karena kamar mandinya menurutku sedikit sempit, meski untuk soal design tetap menyatu dengan kamarnya. Terdapat kaca superbesar yang bisa ditutup secara otomatis, kemudian shower dan kloset terpisah.



Kemudian untuk bath amenitiesnya sendiri juga sedikit mengecewakan karena berdasarkan research, harusnya mendapatkan produk merk Westin Heavenly Spa, tapi ini yang dikasi adalah tanpa merk (lokal). Saya pun sudah mencoba request ke room service tetapi mereka tidak dapat menyediakan. Kemudian untuk handuknya sendiri ada yang merk Westin Heavenly Spa tersebut, tipikal handuk hotel yang memang lembut dan memiliki daya serap tinggi sehingga ketika dipakai membuat badan cepat kering.



POOL & GYM

Untuk pool dan gym ini aku ngga cerita banyak karena pool dan gym nya sharing dengan Four Points Pakuwon, yang udah pernah aku review sebelumnya. Hanya saja memang ada part yang khusus untuk Westin saja yang bisa dibuka dengan kunci kamar, dan disitu juga tersedia Spa by L'Occitane. Untuk Spa ini ternyata dibuka untuk umum, dan untuk bulan Mei ini sedang ada promo 50%. Lumayan ya untuk yang mau mencoba!




EXECUTIVE LOUNGE

Seperti di Executive Lounge pada umumnya, mereka ada buffet dinner (hors d'ouvres. Entah seperti apa bacanya), yang disediakan di jam 6 sore hingga 8 malam. Free food, siapa yang menolak? Segera jam 7 saya kesana untuk mencoba menyantap makanan yang tersedia.


Executive Lounge di lantai 39 pada siang hari

Memang tidak banyak pilihan, tetapi sedari aku masuk ke ruangan, terlihat begitu menggoda dari aroma dan penampakannya. Chef yang standby juga selalu menyambut dan menawarkan special menu di hari itu. Kebetulan dimalam itu ada beef gyudon dan seafood asparagus soup. Segera saya mengiyakan, serta mengambil makanan ringan lainnya seperti fried dimsum, dan Caramelized Butter Fish. Servernya juga menanyakan apakah mau minum soft drink, tea, coffee, atau alcohol beverages, dan saya memilih fresh juice saja.

Berikut highlight dari makanan yang aku makan malam itu

  • Beef Gyudon

Beef gyudon ini merupakan salah satu specialty menu hari itu, dan menurutku rasanya juara! Ketika diserve, kelihatannya sedikit dry tetapi ketika dimakan, rasanya mau meledak di mulut! Beef nya super lembut, rasanya pas tidak overpower seperti fast-food gyudon, dan porsinya pas. Ada steam egg on top tetapi saya tidak makan kuningnya karena secara pribadi tidak suka kuning telur. Nilai 10/10. Mantap.

  • Seafood Asparagus Soup

Untuk soup ini menurut aku sedikit hambar dan amis, serta porsinya yang sedikit terlalu besar. Nilai 6/10.

  • Caramelized Butter Fish

Ini juga juara! Meski bukan salah satu specialty menu malam itu, tetapi rasanya super banget! Meski ada cabai besar disitu tetapi tidak spicy sama sekali. Rasa ikannya mantap, terdapat juga potongan beef bacon dan garlic yang membuat citarasa meningkat 1000%. Aku makan 2. Nilai 10/10 tentunya!

Caramelized Butter Fish, Gyudon, dan cemilan lainnya. Asparagus soup di kanan atas jauh.

Sayangnya aku udah terlalu full setelah makan, sehingga tidak pesan alcoholic beverages. Tetapi overall pengalaman bersantap di executive lounge The Westin ini yang terbaik!

BREAKFAST

Keesokan paginya, aku mencoba untuk bersantap breakfast di restoran Magnolia yang terletak di lantai Lobby. Breakfast ini mulai dari jam 6 hingga 10.30 pagi. Restoran Magnolia ini tempatnya cukup luas, dengan penampang kaca jendela yang mendominasi sehingga berasa lapang dan nyaman di pagi hari. Tetapi menurut aku, kaca nya terlalu biru, mungkin memang untuk menghindari panasnya matahari dikala siang, tapi lebih bagus kalau kacanya sedikit lebih netral sehingga cahaya pagi yang masuk lebih nyaman di mata.


Untuk pilihan makanannya sendiri cukup beragam, dari intercontinental breakfast, local cuisine, salad, roti, dan berbagai macam minuman. Ada juga snack tradisional seperti klepon, dan berbagai macam pastry lainnya. Noodle dan egg station yang selalu siap memenuhi pesanan dari tamu-tamu yang kelaparan.

Kali ini, aku rencana akan mencoba breakfast di Magnolia dan akan lanjut breakfast di Executive Lounge lagi, karena pengalaman kemarin yang sungguh berkesan.

Di Magnolia ini aku pesan:

  • Curry Lamb

Curry lamb ini sepertinya cukup populer, ada staffnya juga yang membantu untuk potong dagingnya. Rasa dagingnya enak, bumbunya meresap, dan empuk. Saus nya juga bisa pilih sendiri antara blackpepper sauce, mushroom sauce, atau curry sauce. Nilai 8/10.

  • Teppanyaki

Untuk teppanyaki ini kita bisa ambil sesuka hati mau apa saja yang dimasak, dan pilihan sausnya ada teriyaki, dan beberapa saus lainnya. Aku pilih yang teriyaki karena asin. Ketika datang, rasanya menurutku ya standar saja. Nilai 6/10.

  • Mixed juice

Menurutku ini cukup unik, jadi mereka sudah menyediakan beberapa juice standar seperti orange juice, apple juice, pineapple juice, dragonfruit juice, dan lainnya. Kemudian kita bisa request apabila mau dicampur/di mix. Rekomendasi dari staffnya untuk yang manis adalah dragonfruit juice dicampur dengan pineapple. Cukup enak juga ternyata. Nilai 8/10.



Untuk pengalaman breakfast di Magnolia ini menurut aku agak standar dari segi makanan. Dari soal rasa, agak standar saja, dan pilihannya tidak terlalu bervariasi. Tetapi dari segi pelayanan sangat memuaskan. Staff disana begitu ramah, juga beberapa chef berkeliling untuk menjelaskan makanan yang ada. Staffnya juga sangat helpful, beberapa pesanan diantar ke meja sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membawa banyak piring.

Lanjut ke breakfast part 2, aku menuju ke Executive Lounge di lantai 39. Seperti biasa, kalau memang tamu di Executive Lounge, staffnya ingat dengan nama customernya, berasa lebih dihargai. Untuk pilihan makanannya ternyata mirip dengan yang dibawah, dan memang jauh lebih sedikit/terbatas. Untung saja chef disitu kemudian menanyakan lagi apakah mau coba menu special hari itu, yaitu bihun bebek ala medan. Tentu saja saya mengiyakan. Berikut makanan dan minuman yang aku konsumsi:


  • Bihun Bebek

Menu specialty ini merupakan nilai plus yang membedakan makan dengan di bawah (Magnolia). Porsinya sendiri cukup, dengan kuah yang hangat dan light, cocok untuk pagi hari. Bebeknya juga lembut dagingnya. Yang menurutku sedikit bisa diperbaiki adalah bihunnya yang teksturnya masih sedikit keras, mungkin kalau lebih empuk akan lebih enak. Nilai 9/10.

  • Beef Stir fry + Curry chicken

Ini adalah menu standar seperti yang di restoran dibawah, aku ambil untuk coba rasa dan memang ternyata standar saja. Nilai 6/10

  • Jamu

Memang ketika melihat sepintas rasanya menarik sekali untuk minum jamu Beras Kencur yang ada di kulkas, dan rasanya cukup otentik. Tidak terlalu manis tapi tidak pahit. Enak. Nilai 8/10


Pengalaman breakfast di Executive Lounge ini merupakan pengalaman unik, karena suasananya berbeda, lebih tenang dan eksklusif. Ada specialty menu khusus ini juga sangat membantu dalam membuat pengalaman breakfast menjadi lebih menyenangkan. Yang aku notice juga adalah tableware nya yang lebih berkualitas. Untuk minum teh "English Breakfast by TWG" ini menggunakan teapot dan cangkir yang cantik.

CONCLUSION

Pengalaman menginap di The Westin Surabaya ini merupakan salah satu pengalaman paling menyenangkan yang aku rasakan. Sedikit side note, di malam hari setelah aku makan di Executive Lounge, ternyata kamar juga dirapikan kembali oleh staff dan diberikan 2 buah teabag TWG tipe camomile, beserta pesan personal. Sungguh hal yang menarik!


Mulai dari staff yang super helpful, upgrade kamar ke Junior Suite dan late checkout hingga jam 4 sore, akses Executive Lounge yang makanannya super enak, dan banyak hal lainnya yang membuat hotel ini memang pantas menjadi the best hotel in Surabaya so far menurut aku. Terimakasih tim hotel The Westin Surabaya, can't wait to stay there again soon!

SCORE

Room:9

Service:10

Location:10

Breakfast:9

Price:9

Overall: 47 (one of the best so far)

Recent Posts

See All

Comments


Contact Us

Have questions, suggestions, or partnership opportunities? We would love to hear from you! Get in touch with us via the contact form below or connect with us on social media. We'll respond to your inquiries promptly.

bottom of page