top of page

travelterus

Sampai Duit Habis

TravelTerus Logo.png

Courtyard Osaka Honmachi Review

Updated: Jul 16, 2023

Hi guys, balik lagi dengan review hotel, kali ini aku excited banget untuk cerita tentang salah satu hotel jaringan Marriott Bonvoy di Jepang. Yes, kali ini aku sempetin untuk mencoba salah satu hotel yang cukup premium di Jepang, pas aku jalan-jalan disana. Nama hotelnya adalah Courtyard Osaka Honmachi.


Yap sesuai namanya, hotel ini terletak di kota Osaka, dan aku memang sengaja menginap di Osaka agar lebih dekat dengan bandara KIX. Hotel ini terletak di tengah kota Osaka, tepatnya dekat Honmachi Station.

STATUS UPGRADE

Aku pesan seperti biasa kamar paling murah ( karena budget ya, biasanya untuk jalan-jalan ke Jepang selalu pilih yang paling murah, terutama AirBnB dan hotel dari agoda.com), yaitu kamar double bed di low floor, dengan rate sekitar 2,9juta rupiah. Memang aku pesan hotelnya juga 1 hari sebelumnya, jadi ratenya sudah lumayan mahal. Gagal jadi budget deh. Kemudian di aplikasinya juga aku request untuk early check-in di jam 13.30 dan late check-out di jam 14.00 karena setelah itu aku harus langsung ke bandara untuk flight kembali ke Indonesia jam 21.00.

CHECK IN


Aku dan temanku travel dari kota Tokyo menuju Osaka menggunakan shinkansen dan kami tiba di Shin-Osaka station, yang kemudian lanjut menggunakan subway untuk menuju ke Honmachi station dimana hotel ini berada. Sampai di Honmachi Station, kami jalan sekitar 10 menit dan sampai lah di hotel. Dari luar hotelnya terlihat compact tapi modern, dengan design interior kontemporer dipadu dengan tanaman hijau yang rimbun. Sesampainya di lobby, segera aku menuju resepsionis untuk melakukan proses check-in. Segera aku disambut oleh resepsionisnya dan beliau cukup mahir berbahasa Inggris, yang merupakan suatu nilai tambah untuk kita sebagai turis mancanegara. Beliau dengan jelas menjelaskan bahwa kamar sudah diupgrade tapi hanya 1 level, yaitu ke level mid-floor yang setelah aku cek hanya berbeda sekitar 200-300rb rupiah. Ya at least ada upgrade ya, hehe.

Kemudian salah satu hal unik di hotel ini adalah mereka mengadakan free soba setiap malam jam 10.10-10.50. Kami pun langsung tertarik untuk mencoba nanti malam, dan satu hal yang mengejutkan lagi adalah, kami mendapatkan late checkout hingga jam 16.00! Sungguh sesuatu hal yang luar biasa, mengingat hotel di jepang ini biasanya sangat strict tentang jam checkin dan checkout (hotel kami sebelum2nya, checkin hanya dari jam 3 sore, checkout maksimal jam 11). Tidak hanya disitu, setelah proses checkin selesai kami pun diberi bingkisan cookies. Senang sekali dari awal rasanya menginap di hotel ini.

Free soba? Siapa yang bisa menolak..


KAMAR


Segera setelah itu kami masuk ke kamar. Kamarnya tipe 2 bed di mid-floor. Ruangannya cukup untuk berdua, tidak terlalu besar tapi tidak sempit juga. Terdapat TV LCD cukup besar, tapi seperti biasa channel TV di jepang tidak menarik. Terdapat juga jendela besar yang menghadap keluar, tapi pemandangannya kurang menurutku karena ketutupan gedung tinggi juga. Kasurnya enak banget, empuk, bantalnya pun supple.


KAMAR MANDI



Kamar mandinya juga lumayan standar, tidak ada bathtub (padahal hotel2 bintang 2/3 sebelumnya dengan ukuran kamar mandi separohnya aja ada bathtub nya). Ada kaca besar juga yang menghadap ke kamar, tentu dengan tirai yang bisa diturunkan untuk privasi. Tetapi hal yang aneh yaitu control tirai nya di luar kamar mandi, sehingga tidak bisa dikontrol dari dalam. Entah sepertinya ini kurang masuk di nalar aku hahaha.

Untuk amenities seperti sabun shampoo dan conditioner merk Nirvae, yang sayangnya berupa botol besar terkunci di dinding sehingga tidak dapat diambil untuk dibawa pulang.

Toiletnya sendiri tentunya seperti umumnya wc jepang, sudah high technology dengan banyak tombol untuk mengatur semprotan.


POOL & GYM


Untuk fasilitas hotelnya ini sepertinya tidak terdapat kolam renang, tetapi ada fasilitas onsen. Untuk fasilitas ini bisa kita nikmati gratis dari jam 5-10 pagi, dan 2 siang hingga 1 pagi. Jangan takut karena meski untuk menikmati onsen ini kita harus telanjang, tetap saja dibedakan kamar untuk pria dan wanita. Tips apabila memang masih malu untuk mencoba, datang di jam 11 malam, biasanya sudah kosong sehingga kita bisa menikmati onsen private tanpa ada orang lain.



Untuk gymnya tergolong kecil, cukup lah untuk berolahraga secukupnya.

FREE SOBA??



Salah satu highlight dari hotel ini adalah free soba yang dimulai dari jam 22.10 hingga 22.50.

Tentu saja hal ini menarik karena tidak pernah terdengar ada hotel yang memberikan late night snack, berupa soba lagi. Tetapi sayang sekali, karena waktu itu kami sedang sibuk untuk berbelanja di kota, kami bisa pulang ke hotel di jam 22.25, dan setelah menaruh barang-barang di kamar, langsung segera ke lantai 2 untuk mencicipi free soba. Sayangnya begitu tiba di lantai 2, kami mendapati petunjuk kalau free soba nya sudah habis. Sungguh sedih sekali, padahal ketika dicek masih jam 22.35.

Sedih........

LOUNGE



Hotel ini tidak memiliki lounge, hanya saja terdapat "business area" yang terletak di lantai Lobby yang bisa kita datangi untuk ambil kopi dan teh.

BREAKFAST


Breakfast terdapat di lantai 2 di restaurant Stitch. Jam breakfast dimulai dari jam 6 hingga 10 pagi. Untuk restoran ini tidak terlalu besar, dan pilihan makanannya sedikit terbatas. Terdapat salad bar (akhirnya bisa makan sayur di jepang!), takoyaki, croissant, dan satu lagi yang menurutku highlight yaitu curry rice. Kita bisa meracik sendiri curry rice yang kita inginkan, dan memang rasa curry nya enak. Terdapat juga fresh fruit (akhirnya lagi!), yaitu watermelon, melon, dan orange. Overall kita cukup puas dengan breakfastnya terutama karena ada buah-buahan dan salad.


Salad dan Chicken Curry Rice racikan sendiri

CONCLUSION

Pengalamanku menginap di hotel ini sungguh menyenangkan, terutama karena bisa late checkout hingga jam 16.00. Hal ini sangat membantu sekali dimana hari itu aku harus langsung ke bandara karena flight jam 21.00. Pelayanan hotel ini juga sangat ramah, dengan staff yang fasih berbahasa inggris sehingga memudahkan turis mancanegara untuk berkomunikasi. Fasilitas yang disediakan juga cukup oke, dengan onsen dan free soba night yang sayang sekali aku lewatkan. Overall sungguh puas menginap di hotel ini. Sayonara Japan! See you soon

Thankyou cookies! Arigatou Courtyard Osaka!

SCORE

Room:8

Service:10

Location:9

Breakfast:7

Price:7

Overall: 42

Recent Posts

See All

Comments


Contact Us

Have questions, suggestions, or partnership opportunities? We would love to hear from you! Get in touch with us via the contact form below or connect with us on social media. We'll respond to your inquiries promptly.

bottom of page